Festival Martumba

  • Sinopsis

Martumba adalah suatu bagian kecil dari kebudayaan etnik Batak Toba yang dikemas dalam bentuk tarian yang ekspresif dan dinamis, yang biasanya dilakukan oleh muda-mudi dan anak-anak. di dalam kegiatan martumba, tidak terlepas dari ulos batak, yang menjadi identitas orang batak, yakni yang lazim digunakan ulos sadum batak toba.

  • Narasi

Tarian yang ekspresif dan dinamis yang dikemas dengan gerakan-gerakan yang meriah serta dilakukan sambil bernyanyi, apalagi jikalau bukan Martumba. Di dalam Martumba sendiri, banyak lagu yang di dalamnya terdapat umpama Toba atau pantun dari Batak Toba, hal itulah yang menjadi salah satu keunikannya. Humbang Hasundutan sendiri masih terus mempertahankan kegiatan ini, baik itu saat perayaan HUT RI di setiap tahunnya, HUT Kabupaten Humbang Hasundutan, serta perayaan lainnya. Hal semacam ini tentunya harus terus dibudayakan dan harus terus hidup di tengah-tengah kehidupan berbudaya masyarakat Humbang Hasundutan. busana yang digunakan tentunya tidak akan pernah terlepas dari ulos, maka dari itu busana dalam martumba biasanya dikreasikan seindah dan seinovatif mungkin, tetapi tidak terlepas dari adat batak toba.

  • Referensi

http://disbudpar.sumutprov.go.id/berita/2019/07/10/atraksi-pariwisata-martumba-akan-ditransformasikan-menjadi-senam-tumba/