PESTA-PESTA BUDAYA

Selain pesta adat, di Kabupaten Karo juga terkenal dengan adanya pesta-pesta budaya. Yang dimana di Kabupaten Karo pesta budayanya adalah, 1). Pesta Bunga Buah dan 2). “Kerja Tahun (Pesta Tahunan)”. Pesta Bunga Buah dilaksanakan sekali dalam setahun di Kota Berastagi. Sedangkan Pesta tahunan dilakukan di setiap daerah di Kabupaten Karo tetapi dengan jadwal yang berbeda di setiap daerah yang dilaksanakan sekali setahun juga.

  1. Pesta Bunga dan Buah
Foto peserta lomba dengan mobil yang dipenuhi dengan hiasan bunga

Pesta Bunga dan Buah  mengartikan bahwa masyarakat Tanah Karo gembira dan bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa dengan anugerahNya, di mana hasil pertanian mereka meningkat dan subur.

Untuk mengisi acara, pada festival Bunga Dan Buah, akan ditampilkan  Atraksi Seni Budaya, Pentas Hiburan, Pameran Produk Unggulan Dan beberapa Perlombaan. akan ditampilkan  Atraksi Seni Budaya, Pentas Hiburan, Pameran Produk Unggulan Dan beberapa Perlombaan. Kegiatan perlombaan pada Festival Bunga Dan Buah setiap tahunnya tidak jauh berbeda, yang dimana perlomaan-perlombaan tersebut terdiri dari:

  1. Lomba  Merangkai Bunga ( Bunga Pilar)
  2. Lomba Merangkai Bunga dipadu dengan Buah dan/atau Sayuran
  3. Lomba Karnaval Kendaraan Hias
  4. Lomba Pawai Kontingen
  5. Lomba Penataan Hiasan Stan Pameran

Referensi:

Antara Sumut. 2019. Pelaku pariwisata di Tanah Karo sambut gembira Pesta Bunga dan Buah di Berastagi, https://sumut.antaranews.com/berita/228049/pelaku-pariwisata-di-tanah-karo-sambut-gembira-pesta-bunga-dan-buah-di-berastagi diakses pada tanggal 25 Juni 2021 Pukul 09.05 WIB

Website Kabupaten Karo. 2017. Festival Bunga dan Buah 2017, https://www.karokab.go.id/id/berita/6275-festival-bunga-dan-buah-2017 diakses pada 25 Juni 2021 pukul 10.00 WIB

2. Kerja Tahun (Pesta Tahunan)

Bagi masyarakat Karo, Pesta Kerja Tahun atau Merdang -Merdem dan yang juga dikenal dengan merdang merdem merupakan tradisi tahunan yang sangat dinantikan. Pada Pesta Kerja Tahun biasanya setiap anggota keluarga yang sedang rantau biasanya pulang kampung untuk berkumpul dengan anggota keluarga. Sejak dahulu kala masyarakat karo mensyukuri karunia Tuhan Allah berupa lahan yang subur dengan hasil pertanian hortikultura melimpah. Rasa syukur masyarakat ini telah membudaya yang dikenal dengan Pesta Kerja Tahun di tiap-tiap wilayah kecamatan.

            Pada Pesta Kerja Tahun masyarakat Karo (apapun agamanya) akan menyiapkan makanan enak khas daerah (misalnya: Gulai daging, Ikan, Lemang Ketan, Cimpa, Tape, buah-buahan dll) untuk dinikmati bersama seluruh anggota keluarga dan tamu undangannya, dan secara bersama-sama   menyelenggarakan pertunjukan gendang guro-guro aron.

Referensi:  Website Kabupaten Karo. 2017. Festival Bunga dan Buah 2017, https://www.karokab.go.id/id/berita/6275-festival-bunga-dan-buah-2017 diakses pada 25 Juni 2021 pukul 10.15 WIB