KULINER LOKAL/TRADISIONAL

Ada berbagai macam kuliner lokal Kabupaten Karo. Baik makanan berat maupun makanan ringan (snack). Ada juga makanan yang sangat unik yang tidak akan ada di daerah lain selain di daerah Kabupaten Karo.

1. Arsik ikan mas

gambar ikan mas arsik khas kabupaten karo

Arsik Ikan Mas Kabupaten Karo berbeda dengan Ikan Mas Arsik Toba. Ikan Mas Arsik Karo tidak dimasak dengan satu ekor utuh, melainkan dipotong menjadi beberapa bagian terlebih dahulu dan dilengkapi dengan berbagai macam bumbu rempah khas Karo yang membuat cita rasa Ikan Mas Arsik menjadi sempurna. Selain memasak sendiri, Ikan Mas Arsik ini dapat kita beli di Rumah Makan Babi Panggang Karo yang menyediakannya.

2. BPK (Babi Panggang Karo)

gambar BPK (Babi panggang karo)

Babi Panggang Karo juga salah satu makanan yang populer terkenal dari daerah Karo. Makanan ini bahkan tersebar di berbagai daerah Indonesia dengan nama yang tidak berubah yaitu Babi Panggang Karo. Makanan ini akan sangat mudah di dapatkan di Rumah Makan Babi Panggang Karo yang tersebar di daerah-daerah Kabupaten Karo.

3. Lomok-Lomok

gambar lomok lomok

Lomok-lomok adalah makanan yang terbuat dari daging Babi. Selain BPK, Lomok-lomok juga merupakan makanan yang berbahan dasar Babi. Yang membedakannya adalah, lomok-lomok dimasak dengan cara dicampurkan darah dari Babi tersebut dengan daging Babinya. Kemudian dibumbui dengan berbagai macam bumbu sehingga membuat cita rasa yang sedap.

4. terites

gambar terites

Terites yang juga dikenal dengan sebutan Pagit-Pagit adalah merupakan makanan yang dapat dikatakan unik. Karena kita tidak akan menjumpai makanan ini selain di Kabupaten Karo. Selain karena hal tersebut, dikatakan unik karena bahan dasar dari Trites ini adalah rumput yang berada di lambung sapi yang telah di sembelih. Aroma dari rumput tersebut sangatlah menyengat, tetapi sesudah dimasak dan dibumbui dengan benar maka bukan aroma menyengat lagi yang akan kita dapati melainkan aroma wangi dan cita rasa yang khas dan lezat. Makanan ini juga dapat kita temui dengan mudah di Rumah Makan BPK.

5. Cipera

gambar cipera

Cipera adalah makanan yang berbahan dasar Ayam dan Tepung Jagung. Tepung Jagung inilah yang membedakan masakan Gulai Cipera ini berbeda dengan gulai gulai ayam lainnya.

6. manuk getah

gambar manuk getah

Manuk getah adalah masakan yang berbahan dasar Ayam juga. Yang membedakannya adalah, manuk getah ini dimasak dengan cara mencampurkan darah ayam ked aging ayam tersebut.

7. kidu

gambar kidu

Mungkin bagi orang yang tidak biasa memakan makanan sejenis ulat-ulatan, salah satu makanan khas Karo ini merupakan salah satu makanan yang ekstrim. Namun, bagi masyarakat Karo, makanan ini sudah biasa dan bukan suatu hal yang ekstrim. Kidu ini didapat dari dalam pohon enau yang sudah tumbang dan mati.

8. cimpa unung unung

gambar cimpa unung unung

Makanan ini merupakan makanan yang termasuk ke dalam makanan snack namun merupakan khas Kabupaten Karo. bahan dasar dari makanan ini adalah tepung, kelapa dan gula merah yang dibungkus dengan menggunakan daun yang khas juga yaitu bulung singkut (daun singkut). Makanan ini biasanya sangatt mudah dijumpai di daerah-daerah yang sedang melangsungkan Kerja Tahun (Pesta Tahunan). Cita rasa yang manis dan tekstur tepung yang kenyal menjadi perpaduan yang sempurna dalam Cimpa ini.

9. cincang bohan

gambar cincang bohan

Cincang bohan adalah daging babi yang dipotog dengan ukuran sesuai selera dan daun ubi serta sayur lainnya yang di cincang halus yang dilengkapi dengan bumbu dan dimasak di dalam bambu muda dan diletakkan di samping bara api yang panas.

10. tasak telu

gambar tasak telu

Tasak Telu adalah makanan yang berbahan dasar Ayam. Dalam bahasa Indonesia, Tasak Telu berarti dimasak menjadi tiga bagian. Yaitu dimasak dengan cara Cipera, Cincang dan daging suir dilengkapi dengan getah.

11. jong labar

gambar jong labar

Jong Labar/Cimpa Jagung adalah makanan yang terbuat dari jagung. Cara membuatnya adalah jagung tersebut di parut terlebih dahulu kemudian di beri kelapa dan gula dan dibungkus menggunakan daun pisang dan kemudian dimasak dengan cara dikukus.

12. lemang/Rires

gambar lemang/rires

Lemang merupakan makanan yang berbahan dasar beras pulut yang diberi bumbu berupa kunyit, lada dan garam, yang kemudian dimasak di dalam bambu menggunakan bara api. Untuk menikmati Lemang akan lebih enak jika dicelup ke dalam gula merah yang telah dimasak/ dicairkan.