Legenda Tombak Sulu-Sulu

  • Sinopsis

Tombak Sulu-Sulu berada di Marbun Tonga Marbun Dolok, Bakti Raja, Simamora,, Kabupaten Humbang Hasundutan. Dari Kota Siborong-Borong, Tapanuli Utara, menuju ke lokasi ini berjarak 53 km.

  • Narasi

Tombak Sulu-Sulu menurut pemahaman masyarakat sekitar adalah sebuah gua yang merupakan tempat Raja Sisingamangaraja I lahir. Lokasi ini dikelilingi perbukitan yang cukup tinggi. Dalam cerita rakyat tersebut diceritakan bahwa Boru Pasaribu bersama anak perempuannya yang terlahir cacat datang ke gua tersebut untuk berdoa agar diberi anak laki-laki. Ia bertapa sambil membersihkan diri dengan jeruk purut, akhirnya ia diberkati dan mengandung anak laki-laki dan anak itu menjadi seorang raja di Bakara. Orang-orang yang mengunjungi tempat ini haruslah menjaga sikap dan tingkah lakunya, sebagai wujud rasa hormat kepada peristiwa sejarah yang dijunjung tinggi ini.

  • Referensi

https://daerah.sindonews.com/berita/1092347/29/kisah-tombak-sulu-sulu-dan-sisingamangarajahttps://kumparan.com/kumparantravel/mengunjungi-tombak-sulu-sulu-gua-tempat-raja-sisingamangaraja-i-lahir-1sR5FJEvVxo