MUSEUM

Dibutuhkan berbagai usaha untuk menjaga warisan budaya Karo agar tidak tergerus oleh perkembangan zaman dan kemudian hilang terlupakan begitu saja. Terdapat banyak cara untuk menjaga warisan budaya, satu diantaranya adalah dengan memanfaatkan museum. Diantara berbagai jenis dan fungsi museum, kita mengenal fungsi preservasi yaitu fungsi penjagaan berbagai atrefak suatu kebudayaan.

Di Kabupaten Karo terdapat beberapa museum yang menyimpan sejarah yang berbeda beda, diantaranya adalah:

1. Museum Pusaka Karo

gambar museum pusaka karo

Museum Pusaka Karo adalah museum khusus yang didirikan atas gagasan dari seorang misionaris Belanda bernama Joosten Leonardus Edigius. Gedung Museum Pusaka Karo merupakan bekas Gereja Katolik Santa Maria. Museum Pusaka Karo menjadi gedung kolektif yang difungsikan seoptimal mungkin untuk sarana informasi publik. Museum Pusaka Karo yang terletak di Kota Berastagi ini merupakan wahana khusus untuk memamerkan pusaka warisan leluhur. Pengunjung tidak hanya akan disuguhkan suasana tenang budaya lokal yang menarik untuk dipelajari, tetapi juga beragam koleksi benda unik dan langka.

Koleksi museum adalah barang-barang milik puluhan warga yang dipinjamkan kepada museum untuk dipajang. Jika sewaktu-waktu pemiliknya membutuhkannya, ia bisa mengambilnya kembali. Sedikitnya ada 30 orang yang terdaftar menyerahkan barang-barangnya ke museum tersebut. Barang-barang itu seperti aneka macam perhiasan khas Karo, senjata, peralatan rumah tangga, kain, dan berbagai peninggalan kebudayaan Karo. Mereka adalah warga Karo yang tinggal di Kabupaten Karo ataupun di sejumlah daerah, baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Referensi:

Pariwisata Sumut. 2020. Museum Pusaka Karo –HTM, Koleksi, Sejarah & 5 Fakta Unik, https://www.pariwisatasumut.net/2020/05/museum-pusaka-karo.html#toc-0 diakses pada 26 Juni 2021 pukul 11:03 WIB

Kompas.com. 2017. Museum Milik Bersama di Sudut Berastagi, https://travel.kompas.com/read/2017/02/27/102300727/museum.milik.bersama.di.sudut.berastagi?page=all. Diakses pada 26 Juni 2021 pukul 11:30 WIB

2. Museum Pahlawan Nasional Jamin Ginting

gambar museum pahlawan nasional jamin ginting

Museum Jamin Ginting di Desa Suka, Kecamatan Tiga Panah, Kabupaten Karo ini berdiri menonjol dibandingkan bangunan lain. Mata tak bisa teralihkan dengan keunikan museum yang berbentuk kacang tersebut. Di pintu gerbang, wisatawan pun disambut patung Letjen Jamin Ginting yang di belakangnya terpajang kain khas Karo yaitu kain Beka Buluh.

Filosofi dari desain unik museum ini terinspirasi dari perjuangan Letjen Jamin Ginting yang analogikan seperti bentuk kulit kacang. “Kulit kacang hakikatnya akan selalu melindungi kacang yang berada di dalamnya meskipun panas terik matahari menyengat di siang hari, dan dingin hujan yang deras, begitu pula Pak Jamin Ginting dalam berjuang menentang pemerintahan Hindia Belanda di Tanah Karo, selalu melindungi rakyatnya,”

Referesi:

 Tribun Medan: Silfa Humairah. 2015. Museum Jamin Ginting, Medan: Jejak Perjuangan sang Jenderal dari Desa Suka, https://www.tribunnews.com/travel/2015/09/09/museum-jamin-ginting-medan-jejak-perjuangan-sang-jenderal-dari-desa-suka diakses pada tanggal 27 Juni 2021 pukul 22:00

3. Museum Karo Lingga

gambar museum karo lingga

Museum Karo Lingga yang terletak di desa budaya Lingga Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Karo, museum ini didirikan dengan bentuk arsitektur tradisional Karo (rumah adat karo). Meskipun bahan bangunannya sudah lebih modern, misalnya atap terbuat dari seng, namun bentuk rumah adat ini terutama pada teras (ture) tetap menunjukkan ciri khas suku Suku Karo.

Referensi:

Sari Ika P, Remenda Unjuk K. Perkembangan Museum Karo Lingga Di Desa Lingga Kabupaten Karo