HINASUMBA

  • Sinopsis

Makanan khas Simalungun ini biasanya ditemukan di berbagai upacara adat. Hinasumba merupakan makanan khas Batak Simalungun yang sulit untuk dibuat karna memiliki satu bahan yang khas yaitu air sikkam dan memiliki warna yang khas sehingga tidak semua orang bisa membuatnya.Hinasumba memiliki bahan dasar daging ayam yang direbus setengah matang dan dicincang halus lalu ditambahkan dengan air perasan sikkam ,air ini memiliki warna yang khas sehingga tidak semua  orang dapat membuatnya.

  • Narasi Singkat

Makanan khas Simalungun ini merupakan salah satu makanan khas yang unik yang sekarang ni sangat jarang dijumpai di Simalungun .Hinasumba diberi Air sikkam yang berasal dari  perasaan kulit pohon pohon sikkam yang dipercaya oleh masyarakat Batak Simalungun dapat melezatkan daging tanpa melalui proses memasak hingga matang.Cara dalam membuat Hinasumba tergolong bisa dibilang susah bisa juga dibilang mudah karena tidak semua orang bisa membuat perasan sikkam tersebut bagus untuk Hinasumba.

Gambar hinasumba

Hinasumba sering dijumpai pada berbagai upacara adat sebagai makanan khas tradisional yang digunakan sebagai pendamping dayok nabinatur. Hinasumba akan diletakan disamping kiri atau samping kanan dayok nabinatur lalu dihidangkan dalam satu wadah yang sama. Hinasumba berfungsi sebagai makanan khas pelengkap dalam menghidangkan dayok nabinatur. Makna yang terkandung pada hinasumba adalah pengharapan tentang kelengkapan hidup dan rejeki.

Referensi 

Sibarani,Dodi Alfayed .Makanan Khas Tradisional Pada Upacara Adat Batak Simalungun : Kajian Semiotik.Skripsi http://repositori.usu.ac.id/bitstream/handle/123456789/27904/130703031.pdf?sequence=1&isAllowed=y.