TINGGI RAJA

Gambar kawah putih tinggi raja
  • Sinopsis

Kawah putih tinggi raja terdapat di Kecamatan Silau Kahean.Dalam kawah putih tersebut terdapat bah balak-bak,bah kapur,Rumah bolon  dan tugu Raja Simalungun.Dikawah putih ini memiliki air yang sangat panas kira kira 90 ⁰ C. Akan tetapi infrastruktus menuju ketempat wisata ini kurang memadai.

  • Narasi Singkat

Di Simalungun terdapat salah satu wisata yang sangat unik yakni Kawah Putih Tinggi Raja. Kawah Putih ini memiliki air  yang sangat panas kira kira 90 ⁰.Serta air yang sangat jenih.Bukan hanya itu kawah Putih ini juga memiliki keunikan lainnya misalhnya masyarakat simalungun atau masyarakat sekitar pervaya bahwa jika kita merebus telur di air tersebut maka secara otomatis telur itu akan menghilang satu.Bukan hanya itu wisata ini (cagar alam ) juga memiliki sejarah asal usul yang unik dimana lahirnya Tinggi Raja ini merupakan hasil kemarahan dari seorang raja yang kurang dihargai oleh anak-anaknya sehingga ia mengutuk seluruh anaknya dan berubah menjadi ikan yang hidup di air panas tersebut .Bukan hanya itu masyarakat sekita juga percaya bahwa jika ingin berkunjung kita tidak boleh membawa ayam /daging babi ke atas tinggi raja tersebut.

  • Referensi

Tua,Polman Roni dkk. Analisis Dan Pengembangan Kawasan Wisata Kawah Putih Kecamatan Silau Kahean, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara.Sumatera Utara

Habib,Liza Fadila . Strategi Pengembangan Objek Wisata Kawah Putih Tinggi Raja Kecamatan Silau Kahean Kabupaten Simalungun Sumatera Utara.