POTENSI WISATA ALAM DAN BUATAN

  • Sinopsis

Kabupaten Samosir merupakan salah satu kawasan wisata yang sudah cukup lama dikenal oleh wisatawan mancanegara dan wisatawan nusantara karena memiliki keindahan alam yang memukau jika dilihat dari luas Danaunya  dan pegunungannya. Lokasi Kabupaten Samosir yang  strategis, di tengah-tengah Danau Toba, ditambah lagi dengan banyaknya daya tarik  wisata alam dan buatan yang terhampar di  dalamnya. Potensi wisata alam dan buatan ini menjadikan kabupaten Samosir menjadi daerah Destinasi tujuan wisata yang sering dikunjungi wisatawan  dikarenakan keindahan panorama alamnya serta potensi pariwisata yang berkembang yang menjadikan objek wisata baik alam maupun buatan selalu dikunjungi wisatawan berbagai dunia Potensi wisata alam dan buatan yang berada di kabupaten Samosir yaitu Gunung Pusuk Buhit, Danau Sidihoni, Bukit Beta, Pantai si gur -gur, Pantai Batu Hoda, Air Terjun Efrata, Air Terjun Situmurun, Aek Rangat Pangururan, Bukit Holbung, Pulau tao, dan Menara Pandang Tele.

1. Gunung Pusuk  Buhit

kawasan gunung pusut buhit

Berlokasi di 3 area kecamatan yaitu sianjur mula -mula, Pangururan, dan Harian boho, Kabupaten samosir. Gunung ini dianggap sakral bagi Suku Batak dan diyakini sebagai awal mula peradaban Suku Batak bermula, diketinggian sekitar 1972 Mdpl. Pemandangan sangat indah dari ketinggian, hamparan Danau Toba dan juga perkampungan Sianjurmulamula.

2. Danau Sidihoni

dijuluki sebagai danau di atas danau

Berlokasi di Kecamatan Ronggur Nihuta, Kabupaten Samosir. Danau ini Dijuluki danau di dalam danau, Danau Sidihoni merupakan salah satu destinasi wisata yang menarik di Pulau Samosir.  yaitu adanya tempat wisata danau namun tempatnya berada diatas danau. Danau Sidhoni memang belu setenar wisata alam lainnya karena wisata ini b elum setenar dari Danau Toba. Danau tersebut masih dijadikan sumber perairan oleh masyarakat setempat. Sekaligus menjadi sumber pokok ketika Samosir pernah dilanda kekeringan. Tidak ada biaya yang akan dipungut bagi wisatawan yang datang berkunjung, padahal wisata ini memiliki pemandangan yang sejuk dan indah.

3. Bukit Beta

bukit yang dikenal karena keasriannya

Berlokasi di Jalan Ringroad Tuk- tuk Siadong, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir. Tuk-Tuk Siadong ini dikenal sebagai pusat pariwisata di Pulau Samosir. Salah satu keindahan alamnya ini ada di Bukit Beta. Tempat ini menyuguhkan keindahan alam mulai dari bentang alamnya yang sejuk dan asri, area persawahan, juga area perbukitan. Bukit Beta ini sama seperti pedesaan di Switzerland. Di kawasan ini ini juga terdapat deretan tebing yang menjulang tinggi, kokoh dan dikelilingi oleh indahnya air terjun. Selain itu juga terdapat padang savana yang luas.

4. Pantai Sigur-gur

keindahan wisata alam di pantai sigur-gur

Berlokasi di Dusun Cinta Dame, Desa Simarmata, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir.  Pantai Sigurgur merupakan salah satu wisata bahari yang digemari wisatawan karena pantai yang landai dan luas sangat memudahkan pengunjung untuk bermain air. Tempat ini memiliki ombak yang tenang, jadi sangat aman untuk bermain di pantai bersama keluarga.

5. Pantai Batu Hoda

keindahan pantai batu hoda

Berlokasi di Dusun Malau, Desa Cinta Dame, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir. Pantai Batu Hoda merupakan salah satu pantai yang ada di Pulau Samosir. Pantai ini ternyata menyimpan banyak cerita. Konon katanya pada zaman dahulu ada seekor kuda betina yang terdampar di pulau ini dan setia menunggu pejantannya sampai akhirnya berubah menjadi batu.

6.  Air Terjun Efrata

air terjun efrarata yang terkenal sebagai salah satu objek wisata alam di samosir

Berlokasi di Desa Sosor Dolok, Kecamatan Harian, Kabupaten Samosir.  Wisata ini merupakan tempat yang masih belum populer dikalangan masyarakat, karena jaraknya jauh dari pusat kota sekitar 20 kilometer. keindahan air terjun yang deras dan memiliki tebing seperti dipahat. Air Terjun Sampuran Efrata dikelilingi rimbunan pepohonan di kawasan hutan.

7. Air terjun Situmurun

air terjun tertinggi di kabupaten samosir

Berlokasi di Desa Binangalom, Samosir, keunikan dari wisata air terjun satu ini adalah aliran airnya yang mengalir deras langsung ke Danau Toba. Istilah lain dari objek wisata ini adalah Air Terjun Binangalom. Bingalom atau Situmurun diambil dari bahasa Batak yang berarti air yang menyejukkan hati. karena air terjun tersebut terbilang unik terlihat dari pancuran air yang mengalir dari Danau Toba.

8. Aek Rangat Pangururan

permandian air panas dari kawah gunung

Berlokasi di Rianiate, Pangururan, Kabupaten Samosir, Ini adalah objek wisata pemandian air panas di sekitar Gunung Pusuk Buhit. Keunikan dari pemandian ini adalah terdapatnya warna air berupa putih keabu-abuan. Jangan panik ketika Anda tidak membawa bekal makanan, Aek Rangat Pangururan sudah menyediakan warung-warung kecil yang menjual aneka ragam makanan. Menu spesial disana adalah ikan mas, Anda harus menyicipi menu tersebut jika berkunjung kesana.

9.Bukit Holbung

wisata alam yang terkenal di kalangan pemuda

Berlokasi di Desa Janji Marhatan, Pulau Samosir, Bukit Holbung merupakan salah satu destinasi wisata di Samosir yang paling tepat untuk menikmati keindahan alam Danau Toba dari ketinggian. Dari bukit nan asri ini, Toppers bisa melihat aktivitas nelayan yang tengah mencari ikan di perairan Danau Toba ataupun eksotisme bentang alam di Samosir dan sekitarnya. Ketika memasuki musim penghujan, obyek wisata Samosir ini akan dipenuhi rerumputan hijau yang menyegarkan sehingga tak jarang jika tempat wisata ini juga dijuluku “Bukit Teletubbies”-nya Pulau Samosir.

10. Pulau Tao

pulau kecil yang tidak berpenguni

Berlokasi di kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir. Pulao Tao yaitu suatu pulau yang sangat kecil yang terdapat sangatlah dekat dengan pulau Samosir. Pulau Tao yang kerap juga dikatakan sebagai pulau Malau. Pulau tao Adalah salah satu pulau yg terdapat di tengah danau toba. Pulau ini tidak begitu luas seperti pulau lainnya yang ada di kawasan danau Toba. Akan tetapi menyimpan keindahan tersendiri yang akan memanjakan mata anda. Pohon pohon di sekitar pulau tersebut di jadikan sarang burung bangau dan dikelilingi oleh batu batuan yang akan menambah pemandangan yang epik.

11. Menara Pandang Tele

wisata buatan yang bisa menikmati keindahan danau toba dari ketinggian

Berlokasi di Turpuk Limbong, Harian, Kabupaten Samosir. Menara Pandang Tele merupakan menara yang tingginya terdiri dari tiga tingkat dan masing-masing tingkatnya memiliki jarak pandang yang berbeda. Dari atas menara bisa melihat panorama Danau Toba dan sekitarnya dari kejauhan dan sebagian daratan Pulau Samosir terlihat jelas dari menara ini. Di sisi sebelah kiri terdapat Gunung Pusuk Buhit yang legendaris dan dari sisi sebelah kanan akan terlihat  barisan pegunungan yang menjulang dan rumah penduduk di kaki gunung dan dari ketinggian menara tampak Danau Toba yang biru.

Referensi :

Cristian Leo Parasian Siregar. 2015. Destinasi wisata di kabupaten Samosir Sumatera Utara. Makalah. Universitas Udayana.

Fransiska Rosila,dkk. 2013. Strategi  pengelolahan kabupaten Samosir sebagai daya tarik wisata alam di provinsi Sumatera Utara. Jurnal Destinasi Pariwisata. Vol 1, No 1.

https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20190731162619-269-417132/6-objek-wisata-di-sekeliling-pulau-samosir Diakses Pada Tanggal 18 Juni 2021, pukul 08.47 Wib.

https://www.google.com/amp/s/www.tokopedia.com/blog/travel-tempat-wisata-di-samosir/amp/ Diakses Pada Tanggal 19 Juni 2021, Pukul 08.36 Wib

https://www.itrip.id/tempat-wisata-samosir Diakses Pada Tanggal 19 Juni 2021, Pukul 08.12 Wib.