SPORT


Sinopsis


kabupaten samosir memiliki beberapa olahraga yang masih dipertahankan hingga saat ini. Olahraga yang paling diminati oleh masyarakat dan dijadikan sebagai festival setiap tahunnya ialah olahraga solu bolon yang dalam bahasa indonesiannya disebut juga kapal besar yang dimainkan beberapa orang. olahraga air ini menjadi salah satu olahraga yang diminati karena kabupaten samosir merupakan sebuah pulau yang dikelilingi danau toba sehingga dijadikan sebagai sarana sport air. dengan tumbuhnya sektor pariwisata di kabupaten samosir menyebabkan olaharga air sebagai sarana pendukung untuk memenuhi kebutuhan wisatawan yang suka melakukan olahraga air. Adapun olahraga yang masih bisa ditemukan di kabupaten Samosir yaitu : solu marsada sada, Solu bolon, dan Mosak Hoda – Hoda.

1. Solu Marsada – Sada ( Caneo )

Kano merupakan salah sattu olahraga air yang menggunakan sebuah perahu kecil yang biasanya digerakkan dengan tenaga manusia, namun ada juga yang menggunakan layar. Bentuk kano umumnya lancip pada kedua ujungnya dan terbuka di bagian atasnya, tetapi bagian ini dapat diberi tutup.olaharaga yang satu ini bukan saja diminati masyarakat sekitaran Samosir tetapi juga dimintai wisatawan mancanegara yang ingin merasakan menelusuri danau Toba menggunakan kapal kano. Biasanya kapan ini banyak ditemukan di lokasi objek wisata pantai Samosir yang akan disewakan kepada setiap pengunjung yang datang.

2. Mosak Hoda – Hoda

Monsak Hoda-Hoda adalah salah satu olahraga beladiri yang berada di kabupaten samosir. Monsak Hoda-Hoda diiring oleh Gondang Sabagunan. Monsak Hoda-Hoda diketahui sudah ada sejak tahun 1890 di Samosir, seorang peneliti yang bernama Modigliani melakukan sebuah pemotretan. Disebutkan bahwa tarian ini digunakan untuk prosesi pemakaman pada suku Batak Toba. Pada saat ini, Monsak Hoda-Hoda masih dipelihara oleh sekelompok masyarakat di Desa Onan Runggu. Namun sudah hampir punah karena sangat jarang dipertunjukkan. Didukung lagi dengan kurangnya upaya dan perhatian untuk melestarikan dan mengembangkannya.

  1. 3. Solu Bolon ( Dragon Boad )

Olahraga solu bolon sangat banyak diminati masyarakat Batak Toba di kabupaten samosir. Olahraga ini menjadi salah satu daya tarik juga untuk mempromosikan pariwisata di Samosir. Dengan adanya olahraga ini sering dimainkan oleh pemuda dan para orangtua untuk keperluan olahraga bahkan sampai festival yang diadakan setiap tahunnya yang menyebabkan olahraga Yang satu ini tetap dipertahankan dari dulu Sampai sekarang, olahraga yang satu ini cukup menarik dan selalu diadakan di kecamatan Simanindo untuk acara olahraga yang dimainkan secara pertim dengan hiasan Solu (kapal kayu) yang didesain dengan ukiran khas Batak dan paduan warna yaitu merah, putih, dan hitam.

Referensi :
Kawan Pandiangan. 2021. Modak hoda – hoda sebuah tarian yang hampir punah di kabupaten Samosir. Haba. No. 98.
David jr sihotang. 2017. Marmoncak seni beladiri dari tanah batak. Dikutip dari : http://davidjrsihotang.blogspot.com/2017/03/marmoncak-seni-beladiri-dari-tanah-batak.html?m=1 Diakses pada Tanggal 29 Juni 2020, Pukul 12. 44 Wib.