MARJALEKAT

  • Sinopsis

Marjallekat atau yang sering disebut permainan enggrang merupakan permainan yang sering dimainkan di Simalungun.Biasanya permainan ini ada saat ­pesta kebudayaan Simalungun Yakni Pesta Rondang Bittang  dan perayaan kemerdekaan Indonesia.

  • Narasi Singkat

Marjallekat atau yang sering disebut permainan enggrang merupakan permainan yang sering dimainkan di Simalungun.Biasanya permainan ini ada saat ­pesta kebudayaan Simalungun Yakni Pesta Rondang Bittang dan perayaan kemerdekaan Indonesia.Pemainan Marjalekat ini biasanya tercermin nilai kerja keras, keuletan, dan sportivitas. Nilai kerja keras tercermin dari semangat para pemain yang berusaha agar dapat mengalahkan diri sendiri untuk bisa menjaga keseimbangan berjalan di atas bambu. Nilai keuletan tercermin dari proses pembuatan alat yang digunakan untuk berjalan yang memerlukan keuletan dan ketekunan agar seimbang dan mudah digunakan untuk berjalan. Dan, nilai sportivitas tercermin saat egrang digunakan untuk kompetisi, tidak hanya dari sikap para pemain yang tidak berbuat curang saat berlangsungnya permainan, tetapi juga mau menerima kekalahan dengan lapang dada.Dan Makna tersebutlah yang terus diajarkan pada pesta Rondang Bittang agar pemuda-pemudi Simalungun lebih kompak dan terjalin kekerabatan.

  • Referensi

Pena Kecil.2018.Mengintip Makna Bermain Egrang di Rumah Baca Sahabat Kecil https://rumahliterasiindonesia.org/mengintip-makna-bermain-egrang-di-rumah-baca-sahabat-kecil/ diunduh tanggal 27 juni 2021 pukul 22:22