POTENSI EKONOMI

sinopsis

Berdasarkan  letak geografis Kabupaten Samosir yang wilayahnya sebagian pada kepulauan dan di kelilingi Danau Toba dan sebagian lagi berada pada daratan Sumatera mempunyai potensi yang besar dibidang pariwisata, pertanian dan Industri rumah tangga. Potensi tersebut dimanfaatkan untuk peningkatan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Toba di Kabupaten Samosir.

 1. Pariwisata                                                                                                                                                                

salah satu objek wisata pantai di kabupaten samosir

Dengan keindahan Danau Toba yang didukung oleh pantai yang ada hampir semua pinggiran  daratan Kabupaten Samosir merupakan potensi yang besar untuk dikembangkan berbagai event wisata dan olah raga antara lain: jet sky, volley pantai, dayung dan renang serta olah raga pantai lainnya.

objek wisata budaya di kabupaten samosir

Kabupaten Samosir terkenal dengan sebutan asal-muasal bagi semua orang Batak sehingga banyak terdapat situs budaya dan adat-istiadat yang sangat unik dan menarik yang dapat disajikan sebagai objek tujuan wisata seperti : Batu hobon dan perkampungan si Raja Batak di Kecamatan Sianjur Mula-mula, Makam Raja Sidabutar, Meja persidangan Siallagan, Tari tradisional Tortor dan Sigale-gale di Kecamatan Simanindo.

salah satu objek wisata alam di kabupaten samosir

Alam Kabupaten Samosir yang didominasi pegunungan, sehingga menciptakan suatu panorama alam yang indah sangat berpotensi dijadikan sebagai wisata alam antara lain: Danau Sidihoni (danau di atas danau), Pea Porogan berada di Kecamatan Ronggur Nihuta; Mata air tanjungan,  pemandangan indah Tuktuk Siadong, pulo Malau berada di kecamatan Simanindo; Tano Ponggol, pemandian air panas berada di kecamatan Pangururan; Air tujuh rasa berada di kecamatan Sianjur Mula-mula. Disamping panorama alam di atas masih banyak dijumpai objek wisata alam yang lain seperti: Goa alam yang berada di kecamatan Palipi dan Simanindo, Air terjun Efrata di kecamatan Harian, Air terjun Bonandolok di kecamatan Sianjur Mula-mula, Panjat Tebing di kecamatan Onan Runggu, dan mata air pemandian Boru Saroding di kecamatan Sitio-tio.

objek wisata rohani di kabupaten samosir

Beberapa tempat di Kabupaten Samosir mempunyai potensi untuk dijadikan sebagai wisata rohani antara lain: pegunungan Pusuk Buhit saat ini sudah banyak dikunjungi untuk wisata rohani yang berada di Kecamatan Pangururan dan Goa Maria yang berada di Kecamatan Palipi. Bahkan objek wisata rohani yang akan menjadi daya tarik wisatawan ke Samosir ialah Terletak di atas bukit Sibea-bea,Harian Boho, Samosir. Patung Tuhan Yesus Kristus ini memiliki ketinggian mencapai 60 meter, yang bediri ditengah keindahan perbukitan dan danau toba.

2. Pertanian

Kabupaten Samosir terkenal akan kesuburan tanahnya sehingga masyarakat Batak Toba memanfaatkan sektor tersebut untuk meningkatkan perekonomiannya. Sampai saat ini masyarakat Batak Toba banyak yang bekerja di sektor pertanian pada umumnya tanaman yang  di tanam di wilayah kabupaten Samosir ialah padi, kentang, kopi, sayur – sayuran,  bawang merah, cabe, tomat, kacang panjang , dan buah – buahan.

3. Industri Rumah Tangga

Potensi industri khususnya industri rumah tangga/kerajinan tangan di kabupaten samosir berpeluang untuk dikembangkan dengan memanfaatkan bahan-bahan lokal yakni: kerajinan tenun ulos, anyam-anyaman, gerabah dan ukir-ukiran yang dapat dijadikan souvenir bagi wisatawan serta agro industri seperti kacang rondam, keripik, dan lain-lain. Disamping itu dengan berkembangnya pariwisata di kabupaten Samosir banyaknya masyarakat yang menggeluti sektor tersebut yang tujuannya untuk meningkatkan perekonomiannya dengan memasarkan hasil kerajinan maupun jualannya kepada wisatawan baik lokal maupun mancanegara ke daerah – daerah tujuan wisata di kabupaten Samosir.

Referensi :

Pemkab Samosir. 2014.  Rencana Program Investasi Infrastruktur Jangka Menengah Daerah (RPI2-JMD)  Bidang PU/Cipta Karya Kabupaten Samosir 2014 – 2019, Hal. 81-84