MUSIK TRADISIONAL

Sinopsis

etnik batak toba Mempunyai kebudayaan yang kaya akan keseniannya. termasuk kabupaten kabupaten Samosir yang berada di tengah pulau yang dikelilingi danau toba diantaranya memiliki  Kebudayaan musik yang disebut dengan gondang yang digolongkan ke dalam dua bagian yaitu musik vocal (ende) dan musik instrumentalia (gondang.) Musik vocal batak toba mempunyai latar belakang yang erat hubungannya dengan pandangan hidup, pergaulan, maupun kegiatan/kehidupan sehari-hari.

1.Musik Godang Sabangunan

 Gordang merupakan alat musik berbentuk gendang yang dipukul berirama Alat musik Gordang biasa digunakan untuk mengiri musik gondang pada upacara yang bersifat tradisional. Alat musik Gordang biasa digunakan untuk mengiri musik gondang pada upacara yang bersifat tradisional. Gondang sabangunan terdiri dari lima taganing (gendang yang punya peran melodis), 1 gordang (gendang besar penentu ritme), 3-4 ogung atau gong (pembentuk ritme konstan), dan 1 hesek (perkusi, biasanya botol kosong atau lempengan besi yang dipukul untuk membantu irama), dan sarune bolon (alat musik tiup). Dalam gondang Sabangunan, terdapat sekelompok alat musik gendang yang khas, yakni taganing dan gordang, bahkan odap. Ketiganya digantung di atas balok atau rak kayu.

2. Godang Mula – Mula

Gondang Mula-Mula adalah sebuah musik yang  disajikan pada upacara adat Batak Toba, salah satunya adalah upacara pernikahan. Gondang Mula-Mula memiliki peranan yang penting di setiap upacara adat. Penyajian Gondang Mula-Mula jaman dahulu berfungsi sebagai perantara manusia dengan Tuhan. Pada masa kini penyajian Gondang Mula-Mula berfungsi sebagai pendahuluan di upacara adat.

3.  Musik Hasapi

Musik Hadapi atau  “GONDANG BOLON” muncul rakyat batak telah lebih dahulu mempunyai alat musik tradisi yaitu GONDANG HASAPI. Saat itu Gondang Hasapi dipakai rakyat Batak khususnya Batak Toba untuk pesta yang sangat Ritual, misalnya melayani orang yang kesurupan, mengobati orang sakit, menjauhkan roh jahat dll. Gondang Hasapi terdiri dari: Hasapi Kecapi – Kayu Senar Besi, Sarune etek Serunai Kecil – Kayu, Sulim Seruling – Bambu, Garantung Gerantung – Kayu, hesek Beat – Kayu. gondang hasapi yang dipakai untuk kegiatan yang bersifat religi, adat maupun hiburan.

Referensi :

Dikutip dari : https://indonesiakaya.com/pustaka-indonesia/gordang-gendangnya-suku-batak-toba/, Diakses pada tanggal 26 Juli 2021, pukul 16.00 Wib

Herna Hirza. Mencintai Musik Tradisi Delapan Etnis Sumatera Utara Melalui Mata Kuliah Musik Nusantara di Program Studi Pendidikan Seni Musik FBS – Unimed. Artikel.