TARI TRADISIONAL

Sinopsis

Kabupaten Samosir mayoritas penduduknya suku Batak toba. Suku Batak Toba kaya akan kebudayaannya dan memiliki kesenian lokal yang unik. Salah satunya ialah Tarian tradisional yang masih dipertahankan hingga saat ini. Tarian yang paling menonjol pada masyarakat Batak Toba ialah tari tortor. Tarian tersebut merupakan lambang bentuk syukur kepada mula jadi nabolon dan rasa hormat kepada hula – hula dalam konsep kekeluargaan.

1. Tari Tor-Tor

Tari Tor-Tor biasanya digunakan untuk melengkapi berbagai acara penting seperti pesta adat batak, acara pengangkatan raja, dan ritual untuk mengatasi musibah.

2.Tari Sigale – Gale

Tari Sigale-gale ini biasanya dimainkan dalam pertunjukan upacara adat. Boneka Sigale-gale biasanya dimainkan oleh beberapa orang dengan cara memegang tali untuk menggerakkan boneka tersebut.

3. Tor Tor Pangurason

Tarian ini adalah tarian pembersihan yang dilaksanakan ketika acara pesta besar. Sebelum acara pesta besar tersebut dimulai, akan diadakan pembersihan dengan media jeruk purut. Hal ini dilakukan dengan maksud dan tujuan agar saat diadakan pesta besar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

4. Tor Tor Sipitu Cawan

Tarian ini sering disebut juga Tari Tujuh Cawan, dan dilakukan pada saat pesta pengangkatan raja. Tor Tor Sipitu Cawan bercerita tentang tujuh putri yang berasal dari kayangan turun ke bumi untuk mandi di Gunung Pusuk Buhit.

5. Tor Tor Tunggal Panaluan

Tarian ini diadakan pada saat suatu desa sedang terkena musibah. Tari Tor Tor ini dilakukan oleh para dukun untuk mendapat wahyu petunjuk dalam mengatasi musibah tersebut.

Referensi :

Sahabat Lokal. 2019. Jenis – Jenis Tari Tor-Tor. Dikutip dari : https://www.adira.co.id/sahabatlokal/article_short/metalink/tari-manortor diakses pada tanggal 23 Juli 2021, Pukul 08.07 Wib.

Fatimah Rahmawati. 2020. Tarian Sigale-Gale, Tari Tradisional Boneka Mistis dari Samosir Dikutip dari https://m.merdeka.com/sumut/6-fakta-menarik-tarian-sigale-gale-tari-tradisional-boneka-mistis-dari-samosir.html?page=4 Diakses pada tanggal 20 Juli 2021, Pukul 13.00