Tari Tradisional

  1. Setiap etnis di dalam masyarakat tentunya memiliki keunikan masing-masing, yakni menjadi citranya. Etnis atau Suku bangsa tersebut tentunya memiliki kekayaan kebudayaan tersendiri, dan hal tersebut tidak muncul dengan sendirinya, tetapi oleh adanya kesadaran dan pemahaman akan berbagai hal, yakni mengenai ketuhanan, budaya, dan sosialnya. kesenian merupakan salah satu dari tujuh unsur budaya, dan dalam kesenian ada tari tradisional. etnis batak toba memiliki beberapa tarian tradisional, yang tentunya memiliki berbagai makna di dalamnya, berikut penjelasannya.
  2. Tortor Pangurason

Tarian ini  biasanya digelar saat pesta-pesta besar. Sebelum pesta dimulai, tempat dan lokasi pesta akan dibersihkan terlebih dahulu menggunakan jeruk purut.

  • Tortor Sipitu Cawan

Konon, tarian ini berawal dari 7 putri kayangan yang sedang mandi di sebuah telaga di puncak gunung pusuk buhit bersamaan dengan datangnya piso sipitu sasarung (pisau tujuh sarung), tari ini biaanya digelar saat pengukuhan seorang raja. Tarian ini sudah jaang nampak, hanya ditampilkan saat menyambut oang-orang yang penting dan dalam sebuah pagelaran seni saja. Tarian tujuh cawan mengandung arti pada setiap cawannya. Cawan 1 mengandung makna kebijakan, cawan 2 kesucian, cawan 3 kekuatan, cawan 4 tatanan hidup, cawan 5 hukum, cawan 6 adat dan budaya, cawan 7 penyucian atau pengobatan. Kegunaan lain dari tarian ini adalah membuang semua penghalang, sebab orang Batak percaya manusia biasanya mengalami kegagalan karna ada penghalang.

  • Tari Tunggal Panaluan

Biasanya digelar apabila suatu desa dilanda musibah. Tunggal panaluan adalah tongkat tongkat sakti dan majis magis yang terbuat dari kayu berukir. Gambar-gambar dalam ukiran itu adalah kepala manusia lengkap dengan rambut, dan sejumlah binatang.

Panjang tongkat kira-kira 2 meter dengan diameter 5 hingga 6 cm. Tongkat panaluan dipakai oleh para datu dalam upacara ritual, dan tongkat ini dipakai para datu (dukun) dengan tarian tortor yang diiringi gondang (gendang) sabangunan. Tunggal Panaluan merupakan gambaran mengenai fakta mitologis tentang sebuah kisah asmara terlarang.