TOR-TOR IJA JUMA TIDAHAN

  • Sinopsis

Tortor Ija Juma Tidahan merupakan tortor yang wajib dilakukan ketika ingin bertani, karena makna dan fungsi Tortor Ija Juma Tidahan adalah untuk mencari lahan yang akan digunakan dalam bertani padi dan jagung pada saat itu.Akan tetapi di zaman sekarang tarian ini bukan lagi hanya untuk membuka lahan tetapi juga untuk hiburan dikegiatan kegiatan gereja khusunya nasrani.

  • Narasi Singkat

Pada masa era 1962-an, Tortor Ija Juma Tidahan sangat popular yang dibawakan dalam upacara adat sebelum bertani. Tortor Ija Juma Tidahan merupakan elemen yang sangat penting dikarenakan mencari lahan yang tepat akan berpengaruh kepada tanah yang ingin ditanami bibit. Jadi, Ija Juma Tidahan dilakukan dengan tujuan agar hasil panen yang diharapkan bisa tercapai dengan baik dan sesuai harapan.

Tortor Ija Juma Tidahan dibawakan dengan cara berpasangan muda mudi atau mudi mudi di masyarakat Simalungun. Tortor Ija Juma Tidahan memiliki 16 bentuk gerak dalam setiap geraknya. Keberadaan Tortor Ija Juma Tidahan pada saat ini sudah tidak lagi menjadi bagian dari upacara adat, tetapi menjadi bagian dari sarana hiburan bagi masyarakat Simalungun.

  • Referensi

RahmanKhairur dkk.Jurnal Seni Tari: Eksistensi Tortor Ija Juma Tidahan Dalam Masyarakat Simalungun Di Kabupaten Simalungun.2021