TOR-TOR SOMBAH

  • Sinopsis

Tortor sombah merupakan salah satu tarian yang masih ada sampai sekarang di Simalungun. Tortor sombah memiliki arti yang sangat mendalam salah satunya ialah menghormati orang yang lebih tinggi ataupun orang yang lebih tua dari kita.

  • Narasi Singkat

Tortor sombah atau tari sembah merupakan salah satu warisan budaya Simalungun yang masih lestari sampai saat ini titik tortor sombah dipersembahkan untuk menyambut raja pada zaman dahulu kala atau pun menyambut tamu dari kerabat dekat yang diiringi dengan musik atau gondrang. Tarian somba kini telah lama hidup di tengah-tengah masyarakat dengan istilah sembahyang artinya menunduk kepala menunduk dan telapak tangan terbuka dan didapatkan serta ditaruh di depan wajah yang menunduk serta badan sedikit condong memperlihatkan bagaimana posisi tor-tor sombah menghargai para tamu ataupun raja pada zaman dahulu.

Tortor sombah sudah dijadikan sebagai salah satu warisan tak benda di Indonesia pada tahun 2019 lalu.Tortor sombah memiliki arti yang sangat mendalam bagi masyarakat Simalungun. Salah satu arti dari lomba ialah bahwa kita harus menghormati orang yang lebih tinggi ataupun orang yang lebih tua daripada kita.

  • Referensi

Purba,Febrina Athylta.Jurnal Pengetahuan dan Penciptaan Tari:Makna Simbolik Tor-Tor Sombah Dalam Upacara Adat Kematian Sayur Matua Pada Masyarakat Suku Batak Simalungun.2016